Kamis, 10 Maret 2011

0 Cara Membuat situs jejaring sosial

Elgg merupakan free CMS yang memiliki fungsi seperti web sosialnetwork. Jadi kita dapat dengan mudah membuat web pertemanan hanya dalam beberapa menit tanpa harus mengerti bahasa PHP dan lainnya dan tentunya dengan cara legal. Jangan takut kesulitan saat installasi karena disini saya akan memberikan penjelasan juga seputar cara installasinya.
Langkah pertama yaitu download elgg dengan mengklik link berikut ini Download Elgg

Karena kita akan coba install elgg di localhost, jadi komputer kita membutuhkan PHP dan MYSQL yang sudah aktif. Apabila tidak ingin ribet saya sarankan untuk menggunakan XAMPP.
Persyaratan awal telah terpenuhi sekarang saatnya muali installasi.
  1. ekstrack file elgg di folder C:\xampp\htdocs
  2. Buat folder baru dengan nama data di C:\xampp\htdocs\elgg1.6.1 dan setting CHMOD folder tersebut ke 777 ( untuk windows hilangkan semua checklist pada keterangan readonly )
  3. Jalankan browser lalu ketikan http://localhost/phpmyadmin/ di addressbar. Buat database baru dengan nama dbelgg
  4. sekarang ketikan http://localhost/elgg1.6.1/elgg1.6.1/ lalu masukan informasi yang ia butuhkan seperti nama database, namaserver, dll.
  1. Pada kolom The full path to the directory where uploaded files will be stored, followed by a trailing slash: kita isikan alamat folder data yang pernah kita buat http://localhost/elgg1.6.1/data.
  2. Selesai Kita klik save. Installasi selesai.
  3. Sekarang coba akses http://localhost/elgg1.6.1/elgg1.6.1 maka akan muncul halaman sederhana sekali. Kita signup seperti bisa dengan alamat email yang sama saat installasi. Selesai maka orang yang menjadi anggota pertama ia akan otomatis menjadi admin :)
Ok selamat web sosialnetwork anda telah selesai dibangun. Kini saatnya anda mengedit sendiri menu apa saja yang dibutuhkan dan menu apa saja yang akan ditampilkan.

0 komentar:

Posting Komentar